TEMPAT WISATA DI PULAU FLORES

KABUPATEN MANGGARAI BARAT

PULAU KELOR

PULAU KELOR adalah pulau kecil yang terkenal dengan segudang keindahan bercirikan pasir putih dengan bukit hijau yang menawan. Untuk mencapai pulau ini dibutuhkan waktu 60 menit berlayar dari Labuan Bajo. Kita mengunjungi pulau ini karena dipulau ini anda akan menikmati suasana pantai dan  pemandangan indah dari puncak pulau Kelor. Mendaki puncak bukit di tengah pulau akan menjadi pengalaman yang menarik karena terlihat tidak tinggi tapi membutuhkan upaya yang cukup untuk bisa mencapai puncak. Untuk mendaki kepuncak bukit pulau Kelor perlu mempersiapkan sepatu Kets, air minum, topi. Pendakian ke puncak bukit bisa dicapai dalam waktu kira-kira 5-10 Menit. 

Ketika sampai puncak, dijamin kamu tidak akan menyesal karena pemandangan dari atas sangatlah mempesona. Disana kita akan melihat pemandangan yang indah, banyak pulau kecil disekitarnya dan kita bisa melihat kota Labuan Bajo dari sana, juga bukit Kemau yang menyerupai gunung kecil menambah indahnya pemandangan dari puncak Kelor.

PULAU MANJARITE

PULAU MANJARITE adalah. Spot berenang karena  Dilokasi ini anda bisa melihat berbagai biota laut dari atas permukaan dan sambil melakukan snorkeling. Tentunya lebih afdol jika kamu snorkeling disini sambil membawa kamera bawah laut, karena banyak sekali makhluk laut lucu yang akan kamu temui dan abadikan. Kamu bisa bertemu beragam ikan hias, aneka karang berwarna, ikan dori, ikan badut, ikan baronang, barakuda, dan angel fish. Sambil menikmati spot snorkeling Manjarite yang berada di pinggir laut, dengan air  yang amat bening, sedikit arus, sedikit gelombang.

KALONG

Pulau kalong adalah pulau yang dihuni oleh jutaan kalong atau kelelawar raksasa. Saat berkunjung kesana, kamu akan melihat banyak pohon eksotis yang menjadi habitat para kalong. 

Kalong-kalong ini akan mulai “terbangun” dan terbang meninggalkan pulau ini saat hari mulai gelap. Pemandangan matahari terbenam di pulau ini sambil menikmati Kalong yang berterbangan adalah salah satu yang sangat indah di Taman Nasional Komodo. Bayangkan melihat ribuan siluet kalong-kalong berterbangan dari tempat tidurnya dipadu dengan pancaran matahari senja yang menawan, pasti ini akan jadi pengalaman yang indah buat kamu.

STRAWBERRY ROCK

Strawberry Rock  merupakan gugusan karang raksasa berwarna merah muda di perairan Labuan Bajo.Tempat itu ada di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam dialek setempat, Strawberry Rock atau Batu Strawberry disebut Nisa Purung. Nisa berarti pulau dan Purung adalah terbakar. Jadi, Nisa Purung memiliki arti pulau terbakar.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Strawberry Rock adalah sore hari. Paduan warna matahari senja yang kekuningan dan warna merah muda pada karang akan menambah efek romantis di tempat ini.Para pengunjung juga dapat menikmati biasan golden sunset yang memukau di luasnya lautan. Terlihat pula pesona bebukitan dan Kampung Warloka yang elok.

PULAU RINCA

PULAU RINCA adalah salah satu pulau yang terletak di kabupaten Manggarai Barat. Kawasan wisata ini juga masuk dalam jajaran pulau besar yang ada di kabupaten tersebut.Lokasi Pulau Rinca berdekatan dengan kawasan Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur, sehingga di kawasan wisata ini pun juga sering dijumpai komodo. Saat anda berwisata di pulau indah ini, maka anda akan merasa takjub dengan suguhan panorama alam yang akan menyapa anda. Keindahan ikonik pulau Rinca ini sudah mulai terkenal di mata para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Saat anda berada di Pulau Rinca ini anda akan dipandu oleh ranger dengan tongkat saktinya yang siap menghalau komodo saat bertemu di perjalanan wisata anda. Hal ini karena komodo tersebut hidup secara liar dan sangat berbahaya jika pengunjung tidak didampingi oleh ranger. Terlebih jika si komodo dalam keadaan lapar tentunya perilakunya akan menjadi buas.

PULAU PADAR

PULAU PADAR merupakan salah satu pulau terbesar yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Namun Pulau Padar tidak dihuni Komodo ini merupakan salah satu tempat wisata di Labuan Bajo yang jadi tujuan favorit wisatawan.Untuk mencapai puncak Pulau Padar anda harus melakukan trekking sekitar 20 hingga 30 menit dengan menaiki 750 anak tangga. Memang pendakian ini sedikit melelahkan, namun  setibanya di puncak, mata anda akan dimanjakan dengan menikmati indahnya pemandangan tiga pantai sekaligus dari atas bukit. Dalam melaksanakan trekking di Pulau Padar, anda perlu mempersiapkan beberapa hal seperti botol air minum, topi, Sunscreen, sepatu kets, kacamata, serta tongkat hiking untuk menjaga keseimbangan tubuh. 

Setelah puas Trekking dan berfoto ria di pulau padar kita akan melanjutkan pelayaran ke pulau Komodo jarak tempuh dari padar ke Pulau Komodo membutuhkan waktu 1 jam 50 Menit.

PULAU PINK BEACH

Pantai Pink Merupakan Pantai yang mempunyai pasir yang warnanya merah muda. Pantai ini sangat langka karena hanya ada tujuh pantai dengan pasir merah muda yang ada di dunia. Disamping memiliki pemandangan pantai yang indah, pemandangan bawah lautnya juga sangat mengagumkan. Ada berbagai macam jenis ikan, terumbu karang dan berbagai macam biota laut menunggu anda. 

Anda dapat melakukan kegiatan seru, seperti diving atau snorkeling, mandi di pantai ini. Disamping berenang, anda dapat menikmati keindahan panorama pantai dari atas perahu.   Dipantai ini anda dapat juga menikmati jajanan sertau souvenir yang banyak ditawarkan oleh masyarakat lokal disana.

PULAU KOMODO

PULAU KOMODO adalah Pulau  yang berada di Taman National Komodo yang disana terdapat hewan langka Komodo yang adalah salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Di Pulau Komodo, terdapat sekitar 1300 ekor komodo yang terus berkembang biak. 

Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia, dan menempati posisi puncak rantai makanan,  dengan panjang rata-rata 2-3 meter, dan berat tubuh mencapai 90 Kg. Jika anda tiba di pula ini, maka selanjutnya anda akan diajak untuk menyaksikan kehidupan Komodo secara langsung dengan ditemani para Ranger (Tour Guide). Anda dapat memilih 3 pilihan jalur perjalanan (trekking), trekking pendek, trekking sedang dan trekking panjang. Jika anda  beruntung maka anda akan dapat melihat Komodo baik yang ukuran besar maupun ukuran yang kecil dan beberapa hewan lainya yang ada di Pulau Komodo. 

Di Pulau Komodo ini anda akan diberikan kebebasan berphoto bersama Komodo sepuasnya, juga dapat membeli souvenir khas pulau Komodo. Di Pulau ini juga tersedia berbagai minuman dan makanan yang dijual dan dipasarkan oleh masyarakat setempat.

TAKA MAKASSAR

Taka Makassar adalah sebuah pulau pasir putih kecil tak berpenghuni yang indah muncul di tengah laut. Taka Makassar adalah salah satu destinasi di Labuan Bajo dianggap sangat unik, karena berupa pulau mungil, berisi gugusan pasir putih halus yang menawan. Bentuknya yang kecil dan melengkung mirip angka sembilan membuatnya semakin unik. Anda hanya bisa melihatnya jika kondisi air laut sedang surut. Anda bisa berenang dan menikmati laut yang jernih seperti kaca, serta berfoto. Bagi anda yang pemula dan atau tidak bisa berenang juga bisa menikmati berenang bersama di pulau ini karena air yang dangkal di sekitar pulau ini.

Kecantikan pulau Taka Makassar dengan airnya yang jernih bercorak hijau tosca yang bagus dipadu dengan biru langit yang terang jadi panorama alam bagus untuk memanjakan mata anda. Tidak hanya itu keelokan dasar lautnya yang luar biasa menjadi daya tarik sendiri.

MANTA POINT

MANTA POINT adalah Manta Point adalah salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Labuan Bajo. Spot ini menawarkan pengalaman snorkeling yang menakjubkan dengan pemandangan di bawah laut yang alami. Wisata bawah laut ini juga memungkinkan pengunjung bertemu satwa langka yang hanya ada di sini, yaitu ikan Pari Mantha. Selain bertemu dengan ikan Pari Mantha kamu juga akan bisa bertemu dengan koloni ubur-ubur yang tak kalah cantik. Jika kamu beruntung, siap-siap terkesima dengan kecantikan mereka dan anda bisa melakukan snorkeling berdekatan dengan ikan Pari Mantha tersebut dan berenang bersama dan berada disekitar kawanan ikan Pari Mantha tersebut. 

SIABA

PULAU SIABA adalah  Besar memiliki dua bagian yang sangat berbeda: dasar berpasir yang menyembunyikan banyak sekali biota laut makro dan salah satu taman karang yang paling mengesankan. Teluk yang indah di sisi barat laut Siaba Besar ini mungkin adalah salah satu tempat favorit para penyelam. Tempat ini juga cocok untuk snorkeling karena arus yang sangat sedikit. Penyelam dapat melihat sebagian besar spesies yang ditemukan di kawasan Komodo. Hampir dijamin bisa melihat penyu hijau di antara terumbu karang yang lebih dangkal. Itu salah satu tempat favorit kami di Taman Nasional Komodo

PULAU SEBAYUR

PULAU SEBAYUR merupakan salah satu lokasi penyelaman yang indah. Berada di sekitar Labuan Bajo. Sebuah terumbu karang yang memanjang ke arah Barat Daya dari pulau ini membentuk jurang menuju kedalaman 30 – 40 meter. Kita bisa menyelam menyusuri dinding ini ke arah Timur atau ke Barat bergantung pada arus. Ada beberapa tempat pengintaian yang terlindung oleh batu besar di mana Travellies raksasa, hiu karang titik putih juga ikan besar lainnya sering terlihat. Merupakan kesempatan sangat baik untuk mengambil dokumentasi photografi menggunakan lensa macro maupun wide angle meskipun arus cukup kuat di daerah ini.

GILI LAWA

Gili Lawa. adalah pulau yang terdiri dari bukit-bukit dan bagi anda yang ingin menyusurinya, anda harus fit dan menyiapkan stamina agar bisa mendaki. Waktu yang diperlukan untuk bisa sampai puncak sekitar 40 menit. Rute pendakiannya memang tidak sulit, akan tetapi tetap harus berhati-hati sebab ada beberapa spot yang sangat curam. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Gili Lawa adalah menjelang sore, sekitar pukul 3 sore. Selama dalam perjalanan mendaki, anda dapat beristirahat sambil mengambil foto pemandangan indah yang ada di sekitarnya.

KANAWA

Pulau Kanawa memiliki Luas 32 Hektar dengan jarak 10 km dari Labuan Bajo akan menjadi tempat wisata terakhir dalam paket Tour ini.

Kenapa kita ke pulau Kanawa? Apa yang menarik dipulau ini?

Disini anda bisa sepuasnya melakukan berbagai kegiatan seperti berjemur di pantai, bermain pasir, berenang, snorkeling sepuasnya. Menikmati keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan di bawah laut yang indah dan berwarna warni. Untuk menikmati dan menyimpan keindahannya anda disarankan untuk membawa kamera bawah air. Setelah snorkling, perjalanan dilanjutkan kembali ke Labuan Bajo dan wisata satu hari bersama LABAHO berakhir.

Pulau ini menjadi daerah terakhir yang dikunjungi dalam paket tour ini. Selanjutnya pelayaran akan dilanjutkan menuju kota Labuan Bajo yang akan ditempuh selama 4 jam pelayaran.

PULAU BIDADARI

Pulau Bidadari adalah pulau kecil dengan luas hanya sekitar enam hektar. Pantai di pulau ini menampilkan keindahan pasir putih dan air laut yang jernih. Pemandangan pantai dan laut yang mengagumkan akan membuat anda betah berada di Pulau ini. Selain keindahan pantai seperti pasir putih, koral, ikan dan karang, anda juga bisa menikmati keindahan alam berupa barisan perbukitan. Dengan keindahan pantai pasir putihnya, julukan Pantai Pasir Putih memang cocok untuk pantai di Pulau Bidadari. Tak hanya bersantai dan menikmati pemandangan laut dan perbukitan yang hijau, anda juga bisa melakukan eksplorasi laut yang juga tak kalah memikat. Kegiatan seperti menyelam dan snorkeling bisa juga anda lakukan dengan segala suguhan pemandangan biota laut yang masih alami.

PULAU SERAYA

Pulau Seraya Kecil, atau yang lebih akrab dikenal dengan Pulau Seraya, merupakan salah satu obyek wisata bahari unggulan di Manggarai Barat. Kabupaten ini mempunyai 162 pulau dengan keindahan taman laut yang memukau, salah satunya Seraya.

Pulau ini juga menjadi salah satu obyek wisata favorit, terutama bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Manggarai Barat. Umumnya, tujuan utama mereka melihat reptilia purba, komodo (Varanus komodoensis), menyelam (diving), dan snorkeling. Kondisi di Seraya memang sangat cocok untuk snorkeling. Ketika Kompas mencobanya memang ada sensasi tersendiri. Ketika laut surut, kita bahkan dapat berjalan ke tengah laut hingga radius sekitar 500 meter dari bibir pantai, tanpa khawatir tenggelam. Pasalnya, ketinggian permukaan air laut hanya setinggi paha orang dewasa.Yang menggemaskan pula, ikan-ikan laut dengan warna cantik tak berlarian untuk bersembunyi ketika manusia mendekat. Kita juga dapat menyaksikan terumbu karang dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik.

BATU CERMIN

Goa Batu Cermin adalah salah satu obyek wisata yang unik yang terdapat di Labuan Bajo. Dari namanya saja, Goa Batu Cermin seolah sudah membuat penasaran. Selain itu, Labuan Bajo biasanya dikenal dengan pantai dan Komodonya.

Pergi ke Labuan Bajo tidak akan lengkap tanpa menyusuri Goa Batu Cermin. Ketika memasuki goa, pengunjung dapat melihat sinar matahari saat siang hari masuk melalui celah-celah goa.Sinar akan dipantulkan oleh dinding-dindingnya sehingga refleksi tersebut mirip seperti sinar matahari yang memantul di cermin. Itu sebabnya, goa ini diberi nama batu cermin.

RUMAH TENUN

Jl. Trans Flores KM 10 Watu Langkas Nggorang, Komodo, Labuan Bajo, Flores, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim.We are a community center working to conserve our culture, empower our community, and promote engaged and sustainable tourism in Flores. * Weaving process and gallery * Authentic Coffee & Sopi * Rice field View, organic rice * Community Library *** Kami adalah gerakan swadaya masyarakat yang bekerja untuk melestarikan budaya tenun NTT dan mengembangkan ekonomi komunitas dengan promosikan wisata komunitas. * Galeri Tenun, Proses Tenun * Kopi dan Sopi Asli Flores * Amazing Rice Field View * Ole-ole Produk Lokal

GOA RANGKO

Gua Rangko adalah sebuah gua dengan beragam bentuk ornamen stalaktit yang indah. Ditambah dengan daya tarik berupa kolam air asin di dalamnya. Airnya begitu jernih dan terlihat berwarna biru.Waktu tempuh penyeberangan kurang lebih 30 menit 

BUKIT SILVIA

Bukit Sylvia berada tak jauh dari pelabuhan Labuan Bajo, hanya sekitar 4,6 Km atau sekitar 11 menit berkendara. Namun jika Teman Traveler enggan menyewa kendaraan, bisa memanfaatkan jasa ojek konvensional. Uniknya ojek di sini tidak hanya mangkal, namun ada juga yang berkeliling. Teman Traveler cukup tunggu di pinggir jalan dan amati pengendara motor lalu lalang. Tak lama berselang, pasti ada yang menawarkan jasa antar. Tarifnya bisa dibilang cukup murah, sekitar Rp5.000 hingga Rp 20.000, bergantung kesepakatan awal. Namun karena lokasi Bukit Sylvia cukup sulit, Teman Traveler mungkin akan sedikit sulit menemukan kendaraan untuk pulang.

CUNCA WULANG

Cunca Wulang atau Air Terjun Cunca Wulang merupakan salah satu obyek wisata air terjun di daerah Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini dengan bebatuan menjulang tinggi dan air biru yang segar.Air Terjun Cunca Wulang adalah satu satu destinasi wisata yang cukup populer di Labuan Bajo Flores. Wisata air terjun ini terletak di kawasan hutan Mbeiling yang merupakan salah satu kawasan berbentuk lautan. Kawasan tersebut terletak di dekat Labuan Bajo dan disebut sebagai hutan wisata. Hal tersebut karena di dalam kawasan hutan Mbeliling terdapat banyak sekali potensi wisata yang dapat dikembangkan.Air Terjun Cunca Wulang berada pada ketinggian sekitar 200 m dari atas permukaan laut. Hal ini menjadikan udara yang ada di sekitar lingkungan air terjun menjadi sangat sejuk. Sesampainya di gerbang menuju air terjun yakni di desa Wersawe, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan tracking atau berjalan kaki menelusuri hutan. Disini pengunjung akan dipandu oleh guide dari penduduk sekitar dengan biaya 50 ribu per hari.

Perjalanan menuju lokasi wisata Air Terjun Cunca Wulang sejauh 1-2 km dan dapat ditempuh dengan durasi sekitar 1 jam. Medan yang harus dilalui adalah semak-semak yang tingginya hampir mencapai betis. Disela-sela perjalanan para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam berupa sawah hijau dan subur. Meskipun harus menaiki dan turun tanjakan namun perjalanan akan terasa sangat mengasikkan.

CUNCA RAMI

Cunca Rami atau Cunca Rami Waterfall adalah air terjun yang terletak di Golo Ndaring, Sano Nggoang, Golo Ndaring, Manggarai Barat, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini memiliki pesona yang indah dan tampak asri di tengah hutan Labuan Bajo.Cunca Rami adalah salah satu destinasi wisata menarik yang berbeda dengan berbagai tempat wisata lain yang ada di Labuan Bajo. Kita sering mendengar kawasan Labuan Bajo sangat identik dengan wisata Pulau Komodo, wisata kapal dan juga pantai yang eksotis. Adapun di Cunca Rami ini terdapat keindahan alam yang sangat menakjubkan berupa air terjun yang menjadi atraksi ekowisata di dalam hutan kawasan Nusa Tenggara Timur tersebut.Air terjun Cunca Rami menjadi semakin populer di hati para wisatawan karena memiliki debit air yang menggoda. Air terjun ini juga memiliki ketinggian kurang lebih 100 m dengan kolam yang cukup besar untuk menampung air yang jatuh. Tentunya kolam alami yang ada di Cunca Rami ini dapat dimanfaatkan untuk aktivitas renang yang menyenangkan. Selain itu, aliran ini juga menjadi salah satu sumber air bagi beberapa daerah sekitar termasuk di kawasan Labuan Bajo.Air terjun Cunca Rami merupakan kawasan wisata yang masih belum banyak dijamah pengunjung. Air terjun di kawasan ini juga sangat jernih dan bersih. Ditambah dengan hiasan pemandangan alam berupa hutan tropis dan pegunungan menjadikan suasana di tempat wisata ini begitu menentramkan. Selain itu, udara di Cunca Rami ini juga sangat segar karena ada banyak pohon yang tumbuh di hutan tersebut.

 

Daya tarik lainnya di kawasan wisata air terjun Cunca Rami adalah keindahan pelangi yang nampak di bawah air terjun. Pelangi tersebut merupakan hasil pantulan sinar matahari pada percikan air terjun. Pengunjung dapat menyaksikan pemandangan langka ini hanya di Cunca Rami Nusa Tenggara Timur. Namun sayangnya pemandangan ini hanya terjadi pada saat-saat tertentu saja. Jadi bersiaplah untuk mengabadikan momen keberuntungan anda saat dapat menyaksikan pelangi nan indah tersebut. Trekking di kawasan hutan menuju Cunca Rami menjadi salah satu aktivitas menarik pertama yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Hal yang cukup menarik dari kegiatan trekking ini adalah jalan yang cukup bervariasi untuk dilewati. Jalur yang harus dilalui oleh para pengunjung adalah rute menurun, hal ini tentunya berbeda dengan kebanyakan rute menuju air terjun pada umumnya yang memiliki jalur mendaki. Aktivitas trekking menuju lokasi air terjun biasanya akan memakan durasi sekitar 45 menit. Semasa perjalanan para wisatawan akan disuguhi dengan berbagai pemandangan yang menakjubkan. Variasi jalur yang akan dilewati oleh para pengunjung adalah kawasan hutan pohon komoditi dan pohon kemiri. Selain itu juga terdapat wahana pertanian yang lain seperti cokelat, nanas dan juga vanila.

KABUPATEN MANGGARAI

LINGKO CARA

sebuah daerah hamparan persawahan yang cukup luas yang berbentuk sarang Laba-Laba raksasa. And tidak akan menemukan sawah berbentuk sarang Laba-Laba raksasa ditempat lain dimuka bumi ini, karena ini sangat erat kaitannya dengan tradisi dan budaya membagi lahan garapan atau membagi tanah ulayat suku Manggarai.

GUNUNG RANAKA

Gunung Ranaka adalah sebuah gunung berapi yang terletak di kabupaten Manggarai Flores Nusa Tenggara Timur. Gunung yang tingginya sekitar 2140 meter, sering didaki pengunjung. Berjalan kaki, dengan sepeda motor atau kendaraan roda empat.gunung ini menawarka pemandangan yang sangat indah dan asri, ada juga danau ranaka yang indah dan unik. selain alamnya yang indah, gunung ini juga merupakan habitat dari banyak Flora dan Fauna yang unik.

RUTENG PU'U

Kampung Adat Ruteng Puu adalah salah satu kampung tertua di wilayah Flores Barat. Kampung ini merupakan pusat perkampungan tradisional di Kabupaten Manggarai sebelum ada beberapa kampung adat lainnya. Kampung ini menjadi tempat tujuan wisatawan asing dan Nusantara untuk melihat keunikan rumah adat masyarakat Manggarai.

TENGKU LESE

Air terjun Tengku Lese ini adalah salah satu air terjun yang bisa menjadi objek wisata alam baik bagi masyarakat Manggarai maupun wisatawan dari daerah lain dan wisatawan asing. Untuk sampai ke lokasi ini, butuh waktu sekitar tiga jam dari kota Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai.

LIANG BUA

Desa Liang Bua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Gua Liang Bua sendiri merupakan gua purba yang telah terbentuk sekitar 190.000 tahun yang lalu. Dari hasil penelitian, gua ini terbentuk dari sungai yang membawa batuan dan menembus gundukan bukit. Karena proses yang lama, bebatuan tersebut menjadi batuan sedimentasi. Gua kapur ini memiliki panjang sekitar 50 meter dengan lebar sekitar 40 meter.

Gua Liang Bua juga terkenal dengan penemuan fosil manusia cebol atau hobbit yang disebut dengan nama Homo Floresiensis, memiliki tinggi badan sekitar 100 cm dan berat badan hanya sekitar 25 kg. Fosil manusia kerdil tersebut ditemukan bersama gajah-gajah pigmi dan kadal raksasa yang mirip komodo. Penelitian tersebut dilakukan pada tahun 2001 dan merupakan kerjasama antara Pusat Penelitian Arkeologi Nasional bersama dengan University of New England, Australia.

Gua Liang Bua berhias staklatit cantik yang menjuntai dari langit-langit gua. Berkat penelitian dan penemuan tersebut, Gua Liang Bua semakin dikenal bukan hanya sebagai tempat wisata tetapi juga sebagai tempat penelitian kelas Internasional

Perjalanan dari kota Ruteng menuju Gua Liang Bua bisa menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Jarak dari kota Ruteng ke Dusun Rampasasa tempat dimana Gua Liang Bua berada sekitar tiga belas kilometer dan dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan.

WAE REBO

Wae Rebo atau Waerebo adalah sebuah desa adat terpencil dan misterius di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Wae Rebo merupakan salah satu destinasi wisata budaya di Kabupaten Manggarai.[1] Terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Di kampung ini hanya terdapat 7 rumah utama atau yang disebut sebagai Mbaru Niang. Wae Rebo dinyatakan UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia pada Agustus 2012 dengan menyisihkan 42 negara lainnya.[2] Wae sendiri dalam bahasa manggarai artinya ialah “air”. Penulisan waerebo menggunakan 1 kata dan tidak memakai spasi seperti yang ditulis media. Desa Waerebo sendiri sudah berumur 1200 tahun dan sudah memasuki generasi ke 20. Dimana 1 generasi berusia 60 tahun lamanya.

RUMAH ADAT KAMPUNG TODO

Salah satu dari sekian perkampungan tradisional di daratan Flores adalah Desa Adat Todo yang terletak di Desa Todo, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kampung ini terletak di dataran tinggi yang berbatasan langsung dengan lembah di sekelilingnya.Kampung Adat Todo merupakan sebuah kampung adat tertua di Manggarai. Tempat ini diyakini sebagai tempat berasalnya Raja Manggarai pertama. Berada di kaki Gunung Anak Ranaka tepatnya di Kecamatan Satar Mese Utara, Kabupaten Manggarai. Desa Todo adalah pusat Pemerintahan Kerajaan Manggarai

TENGKU SIWA

Tengku Siwa Surga Kecil Tersembunyi di Nusa Tenggara Timur, memiliki sejuta pesona yang sudah diakui di level nasional dan Internasional. Salah satunya adalah Air Terjun Tengku Siwa di Sambor, Desa Nggalak, Kecamatan Reok Barat, Kabupaten Manggarai. Tempat ini menyajikan ragam keindahan yang membuat pengunjung betah

KABUPATEN MANGGARAI TIMUR

DANAU RANAMESE

Danau Rana Mese, begitu warga Manggarai Timur NTT menyebutnya. Danau eksotik yang diapit dua gunung berapi, yaitu Gunung Mandosawu (2.400 mdpl), yang merupakan puncak tertinggi di Manggarai Timur, dan Gunung Ranaka (2.140 mdpl), menjadikan kawasan wisata yang satu ini dipenuhi beragam flora dan fauna.

Lokasi Danau Rana Mese berada di jalan negara Trans Flores Ruteng-Borong. Persis di sebelah utara jalan negara Trans Flores Ruteng-Borong sedikit menanjak, terdapat gapura. Sebuah tulisan terpampang pertanda lokasi wisata

KABUPATEN ENDE

KELIMUTU

Danau Kelimutu atau Danau Tiga Warna terletak di Gunung Kelimutu. Lokasi danau tepatnya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Dinamakan Danau Tiga Warna, karena Gunung Kelimutu memiliki tiga kawah dengan warna air yang berbeda-beda. Danau Kelimutu merupakan obyek wisata unggulan di Pulau Flores Selain keindahan alamnya, Danau Kelimutu menyimpan legenda danau tiga warna yang merupakan cerita rakyat Nusa Tenggara Timur.Legenda Danau Kelimutu Dinamakan Danau Tiga Warna, karena Gunung Kelimutu memiliki tiga kawah dengan warna air yang berbeda-beda, yaitu merah, biru, dan hijau.

AIR PANAS

Air Panas Mengeruda merupakan salah satu tempat pemandian air panas yang ada di Mengeruda, Piga, Nusa Tenggara Timur. Sumber mata air di pemandian ini berasal dari Bajawa Gunung Inelika. Tempat pemandian air panas alami ini sudah banyak dikenal masyarakat terutama warga Nusa Tenggara Timur. Mereka berbondong-bondong meramaikan tempat wisata ini untuk menikmati sensasi menyegarkan mandi dengan air hangat yang konon katanya bagus untuk kesehatan.

Air panas di tempat pemandian ini dikenal berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit kulit maupun untuk media terapi. Kandungan belerang, suhu dan juga zat vulkanis lain berasal dari magma bumi sehingga menjadikan Air Panas Mengeruda memiliki khasiat yang menyehatkan.

Air Panas Mengeruda terdiri atas kolam berbentuk lingkaran dan cukup lebar. Kedalam kolam ini sekitar pinggang orang dewasa. Di dasar bebatuan kolam pemandian air panas ini tumbuh lumut hijau sehingga menjadikan kolam nampak hijau segar serta jernih. Di tengah permukaan kolam juga terdapat semburan dari sumber air panas alami dari dalam.